Review Tampilan Blogger 2020. Bagus! Tapi ...

16 Mei

Halo semuanya!
Setelah sekian lama vakum dari dunia blogging, ditambah banyaknya kejadian yang sempat mengaburkan motivasi saya untuk menulis,
akhirnya saya memutuskan untuk bangun dari tidur panjang, dan kembali menata konsistensi menulis, khususnya pada platform ini.


Ternyata memang, untuk membangun sebuah konsistensi itu tidak mudah ya.
Baru langkah awal, dan saya sudah menemukan sejumlah tantangan.
Tampilan situs blogger berubah drastis!

Saya benar-benar seperti tersesat di tengah hutan ketika melihat tampilan ini.
Pencarian di google pun sudah dilakukan. Namun saya tidak menemukan artikel yang membahas detail perubahan tampilan, hingga pada tutorialnya.
Sebab situs blogger tidak memberi notifikasi mengenai perubahan tampilan, ataupun 'tur' yang umumnya kita temukan pada situs-situs yang melakukan pembaruan tampilan.
Dan ini adalah hal pertama yang sangat disayangkan.


Di sisi lain, perubahan ini sangat bagus!
Ketika sign in ke situs blogger.com, pengguna akan langsung disambut oleh halaman statistik, yang seolah langsung menjadi alarm pengingat bagi saya pribadi untuk memantau perkembangan situs blog saya.

Tampilan blogger 2020


Tampilan ini sangat memanjakan mata. Sederhana, rapi, dan, enak dipandang-lah pokoknya!


Lalu beralih ke tab postingan.

Review Tampilan Blogger 2020


Lagi-lagi, saya dibuat senang dengan tampilan yang satu ini.
Apalagi adanya preview gambar di sisi kiri postingan, membuat saya semakin mudah dalam mengingat isi postingan,
sekaligus memastikan adanya gambar pada setiap postingan.

Begitu pula dengan menu-menu berikutnya pada tab sebelah kiri, yang saya rasa tidak perlu disebutkan satu per satu.
Jelasnya, setiap menu punya tampilan masing-masing yang berbeda dengan tampilan sebelumnya.


Review Tampilan Blogger 2020


Ketika menulis postingan pun, daftar label, serta pengaturan lain di sisi kanan postingan tertata begitu rapi,
sangat memudahkan dalam proses penyusunan posting.



Hal lain yang bagus dari tampilan baru ini adalah, fitur (atau entah disebut) yang responsif pada berbagai platform.
Contohnya, saya mencoba sign in ke situs blogger melalui smartphone.
Dan berikut ini tampilannya :

Review Tampilan Blogger 2020

Review Tampilan Blogger 2020

Review Tampilan Blogger 2020



Sama dengan versi desktop, melalui ponsel saya juga disambut dengan halaman statistik.
Jika ingin beralih ke menu-menu lainnya, tinggal menekan tombol di sebelah kiri halaman.

Blogger versi baru ini langsung menyesuaikan ukuran halaman dengan ukuran layar ponsel. Begitu pula dengan menu-menunya yang sekarang jadi lebih rapi.
Tidak seperti versi lama yang tetap menunjukkan tampilan desktop meskipun membukanya melalui ponsel.
Fitur ini sangat memudahkan saya untuk beralih ke menu lain, maupun melihat satu tampilan halaman secara keseluruhan.
Dan, untuk kesekian kali, tampilan ini sangat memanjakan mata.
Tampaknya blogger berusaha menonjolkan desain minimalis dan sederhana yang belakangan ini juga menjadi tren dalam sejumlah situs maupun aplikasi.

Singkatnya, saya sangat amat menyukai kerapihan tampilan baru ini.

Tetapi...
Seperti yang sudah saya singgung di awal, tampilan baru ini agaknya membingungkan.

Satu menu yang sangat penting bagi saya adalah jump break



Fungsinya adalah untuk memotong postingan pada tampilan beranda. Agar loading ke beranda blog kita tidak berat dan lambat.
Setelah sekian lama berputar-putar, mencoba satu persatu tombol ini dan itu, ternyata.....

Review Tampilan Blogger 2020


Fiturnya dipindah ke sini. Dengan penyebutan yang cukup berbeda dengan sebelumnya, plus gambar yang agak berbeda.
Saat postingan ini disusun, jujur saya baru menemukannya.
Sebab sebelumnya saya sudah mencoba-coba melalui ponsel, dan tidak mendapatkan hasil.
Atau memang ponsel saya yang sedang hang, entahlah.

Dan yang disayangkan lagi,
tampaknya pembaruan tampilan ini belum utuh.
Sebab ketika mencoba ke menu setelah, tampilan situs akan kembali pada tampilan lama. Baik melalui desktop, maupun smartphone

Review Tampilan Blogger 2020

Review Tampilan Blogger 2020



Ini terjadi khususnya ketika saya membuka menu setelan, lalu beralih ke menu-menu lainnya.
Seluruh menu lain otomatis akan kembali pada tampilan lama, seperti screenshot daftar postingan di atas yang muncul kembali setelah saya beralih dari menu setelan.



Jika boleh memberi nilai, mungkin saya akan memberi nilai 7 dari 10 untuk tampilan blogger yang baru ini.
Secara keseluruhan, desain tampilannya yang minimalis sangat memanjakan mata, dan cukup membantu saya untuk melakukan pemantauan terhadap perkembangan blog, maupun melihat pada arsip-arsip lama.
Perbaruan tampilan ini pun menunjukkan perhatian Google kepada situs blogger yang hari-hari ini rasanya mulai 'sepi pelanggan'.

Sayangnya, tidak ada pemberitahuan jelas dan petunjuk mengenai penggunaan pada tampilan baru ini.
Sejumlah menu agak membingungkan, dan masih ditemukan beberapa error, seperti pada menu setelan tadi.
Beberapa kali saya juga mendapat peringatan tentang waktu yang tidak valid ketika mengatur penjadwalan postingan.
Saya masih tidak tahu kenapa ini bisa terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya.

Review Tampilan Blogger 2020



Mungkin ada teman-teman yang tahu cara mengatasinya,
punya pengalaman serupa, bahkan beberapa pertanyaan lain.
Mari berbagi di kolom komentar!

You Might Also Like

0 komentar

Music

nlart · Maru