Tentang Perubahan

18 September

Aku bukan tipe orang yang menyukai perubahan.
Apalagi jika perubahan itu mendadak.


Sebab aku tidak mudah beradaptasi pada perubahan itu.




Selasa kemarin (10 September), aku beserta keluarga pindah rumah.
Tidak jauh sih, tapi situasinya berbeda total.
Aku sangat asing dengan wilayah ini, sekalipun letaknya tak jauh dari rumah (yang lama).

Butuh waktu lebih untuk berangkat kerja, ataupun kuliah.
Butuh kesabaran lebih, karena satu-satunya jalan yang kulalui adalah jalan utama yang selalu padat.

Dan, butuh perjuangan lebih sekadar untuk mencari penjual gorengan.

Semuanya berbeda.
Total.


Tapi perubahan tidak selalu bermakna buruk, kan?


Seperti hari Minggu, ketika aku bertugas.
Seorang kakek menghampiri meja tempatku bertugas, dan bercerita singkat mengenai ketidaksukaannya terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada gereja kami.

Perubahan memang begitu ya.
Namun hidup selalu menyajikan banyak perubahan yang mau tak mau harus kita lalui.
Sesederhana fajar menuju senja,
detik satu ke detik lainnya
semua-semua dalam hidup kita selalu berbicara tentang perubahan.

Maka manusia harus terbiasa dengan perubahan.



Aku juga harus membiasakan diri untuk cepat beradaptasi pada perubahan.




Ditulis pada hari ke-lima belas bulan ini.
21.44

You Might Also Like

0 komentar

Music

nlart · Maru