Liburan ngapain?

10 Juli

..."Aku ke Bali!" ... "Aku ke Batu sama keluarga!" ... "Aku habis dari Karimunjawa!"

Rasanya gimanaa gitu pas buka Instagram isinya foto-foto selfie berlatar belakang pemandangan, atau story-story yang bertemakan liburan.
Sedangkan saiaa harus menjadi Cinderella selama liburan.

(Maksudnya cerita Cinderella yang belum ketemu pangeran. Jadi ceritanya beda :p)

Kerja ... kerja ... kerja!
Ortuku buka depot nasi pecel dan nasi kuning. Dan yang namanya usaha begini, pas musim liburan malah rame-ramenyaa.
Yaa jadi wajib buka. Nggak ada libur!


It's okay laa, biar liburannya anti mainstream.
Dan satu hal lagi yang bikin liburanku makin berkesan.
Di suatu hari tanpa sengaja (sambil nyanyi ya bacanya) ... hapeku dijatuhin kucing. Dannn matot. Nggak bisa nyala lagii.
Belum sempet dibetulin sampe hari ini. Hiks.... Dunia serasa hampa.


Ada beberapa kegalauan juga di hati ini. Karena nyesek juga sih buka sosmed isinya liburan semua.
Aku tau, ini salah. Tapi tetep aja susah ngilangin perasaan ini.

Kadang kesel kok nggak bisa menikmati hidup kaya orang lain. Bisa liburan, nggak mikirin biaya, bisa refreshing sepenuh hati.
Trus kalo lagi bete tinggal jalan aja, nggak pake takut uangnya habis.
Sedangkan aku, kalo mau beli ini-itu harus mikir-mikir. Karena ngumpulin uangnya juga susah.

Padahal sebenernya Tuhan udah ngasi berkat yang lebih dari sekadar uang.
Ada anggota keluarga yang masih lengkap, kita sekeluarga masih bisa bercanda bareng, ngobrol bareng, tiap makan pagi-siang-malem bisa bareng terus.
Apa yang jadi kebutuhanku selalu Tuhan penuhi.
Selama aku sekolah di SMK segala keperluanku juga selalu tercukupi.

Mungkin aku terlalu banyak pengennya ya. Pengen ini-itu yang sebenernya nggak penting. Dan Tuhan nggak ngasih itu. Karena kebutuhanku yang lebih penting.
Masih bisa internetan, ngerjain tugas masih lancar, perangkat-perangkat pendukung waktu sekolah juga bisa kebeli.

Waktu itu aku tetep aja nggak bisa ngerasa bersyukur walau udah mikirin hal-hal ini.
Aku tetep ngeluh aja, merasa beban hidup ini beratt banget. Sampe pengen nangis.
Tiap buka instagram, liburan lagi, liburan lagi.

Tapi setelah nulis ini, rasanya udah berbeda.
Aku sudah bisa bersyukur atas semua ini. Ternyata nggak cuma ada 1-2 hal yang bisa disyukuri. Tapi ada banyaaaakkkkk banget.

Yah, kalo kita lihat kehidupan orang-orang yang di atas kita, pasti nggak akan pernah bisa bersyukur.
Tapi setelah aku lihat orang-orang sekitar, masih banyak yang kehidupannya nggak sebaik aku.
Masih ada mereka yang harus nimba air setiap kali mau mandi. Dan aku yang tinggal mindahin selang, dan nancep kabel aja kadang masih marah-marah.
Masih ada mereka yang harus kerja keras buat kuliah. Sementara aku cuma perlu bantu kedua orangtua untuk bisa kuliah, dan aku masih ngeluh.


Semua yang ada nggak selalu se-WOW kelihatannya.
Bisa aja mereka pergi liburan ke tempat bagus-bagus. Tapi kita nggak tau gimana kondisi keluarganya, kondisi hati mereka sebenarnya di tempat liburan.
Atau, bisa aja liburannya karena gratisan (soalnya aku pernah :v).
Tetep aja nggak nyaman kalo liburannya gratisan karena dibayarin saudara. Walau it seems WOW.

Mungkin mereka bisa pergi seenaknya kapanpun mereka mau, hamburin uang sesuka hati. Tapi gimana dengan kedua orangtuanya yang selalu pergi dan bisa jadi nggak peduli keluarga?


Apalagi kalo buka Instagram.
Kalo liat feedsnya, it seems like a perfect life.
But, no one's life is as perfect as their instagram's feeds!

Akhirnya, aku bisa bersyukur sepenuh hati setelah menulis diary ini....

You Might Also Like

0 komentar

Music

nlart · Maru